Facebook Twitter

Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Undip

Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro merupakan lembaga tertinggi kemahasiswaan di Fakultas Teknik Undip. Saya sendiri bergabung dengan SMFT karena pada awalnya disuruh oleh ayah yang dulunya juga merupakan anggota senat di kampusnya (UNISSULA). Awalnya saya juga ga begitu ngerti apa kerjanya, harus bagaimana. Karena memang saya basicnya hanya sebagai anggota organisasi yang diawasi, masih buta mengenai lembaga yang mengawasi. xD
Beruntung saya mendapat jarkom mengenai Open Recruitmen SMFT melalui sms. Saya coba aja untuk ikut OPEREC SMFT, ternyata saya menjadi pendaftar pertama dari OPEREC SMFT. That's so unpredictable, dan ternyata yang langsung meng-interview saya adalah Ketua SMFT langsung yang bernama Dinul Haq. Operec waktu itu sekitar bulan Januari 2010. Saya pun agak sedikit bingung kenapa OPERECnya dilaksanakan di awal tahun. Sempat ga nyangka aja kalo ketrima karena emang sebenernya saya ga begitu suka politik. Waktu itu saya kira ga ketrima karena sms baru datang H+ 1 dari tanggal perjanjian sampe saya sempat kasi wall ke Ketua SMFT saya kalo saya ga ketrima, jadi malu. Hehehe.Setelah saya coba untuk menekuni di bidang ini, ternyata cukup rumit karena penuh dengan politik dan intrik. Sampai sekarang pun saya belum begitu mengerti bagaimana berpolitik yang baik. Di SMFT ini kebetulan saya masuk di Komisi B, yaitu advokasi. Saya bener-bener ga mengerti apapun mengenai advokasi karena memang masih baru di bidang ini. Berhubung saya masih angkatan 2009 dan menjadi staff ahli, saya masi diberi pekerjaan yang cukup ringan. Untuk permasalahan advokasi dan proker-proker yang agak berat, diserahkan kepada senior di atas saya yang lebih berpengalaman. Tapi tetap saja saya harus belajar untuk keengurusan ke depan. Hmmm, cukup sulit untuk saya yang pendiam karena memang advokasi membutuhkan kemampuan pandai bicara, lobbying dan negosiasi karena langsung berhadapan dengan pihak birokrasi (Dekanat).Sebenarnya mengikuti kegiatan organisasi yang beragam cukup bagus untuk soft skill kita. Di sini kita akan belajar bagaimana bersosialisasi dengan banyak orang dan secara langsung maupun tidak langsung bisa menambah leadership kita. Akan banyak ilmu yang kita serap dari pembelajaran organisasi maupun pengalaman dari atasan maupun senior yang memiliki banyak pengalaman lebih dari kita.Di SMFT sendiri anggotanya hanya ada sekitar 20an orang. Lebih sedikit dibandingkan anggota BEM yang jumlahnya 3 bahkan sampai 5 kali lipat dari anggota SMFT. Jadi yang diawasi lebih banyak dari yang mengawasi. Ini menjadi fokus tugas komisi A yang memang fokus mengawasi kinerja BEM maupun lembaga lain yang ada di bawah SMFT seperti biro-biro maupun himpunan mahasiswa. Biro-biro sendiri ada FSMM(rohisnya UNDIP), PSMT(Paduan Suara Mahasiswa Teknik), PRMK, FST(bergerak dalam bidang ristek yang bekerja sama dengan departemen ristek di BEM), PMK dan PRMK(bergerak di kerohanian non-Islam). Kami juga bekerja sama dengan seluruh HM jurusan yang ada di Fakultas Teknik Undip. Cukup menghebohkan memang, karena tidak gampang dalam menciptakan komunikasi dua arah yang baik serta mengayomi dengan baik seluruh mahasiswa yang ada di Fakultas Teknik.
Komisi terakhir di SMFT adalah Komisi C yang bertugas membuat Undang-Undang legislasi bagi kesinkronisasi lembaga-lembaga yang ada di Fakultas Teknik. Di sini dibutuhkan banyak referensi mengenai kitab Undang-Undang. Bisa saja dengan study banding ke Universitas lain untuk mengetahui bagaimana legislasi yang ada di universitas tersebut ataupun study banding antar jurusan. Sangat menyenangkan jika bisa menjadi penggerak dalam organisasi / lembaga yang sedang ditekuni. Itulah yang dinamakan jiwa/ semangat seorang pemimpin. Selain IP yang bagus, juga dibutuhkan soft skill berupa organisasi mauun kemampuan lain.
Itulah gambaran yang ada di Senat Mahasiswa Fakultas Teknik yang saya ikuti. Semua akan terasa lebih nyaman jika kita menyenangi apa yang kita kerjakan. ^^

Berikut ini adalah beberapa foto dari SMFT kepengurusan 2009 - 2010.

foto 1 di POTRAIT,he





Foto 2. Foto santai di POTRAIT



Foto 3. Foto Resmi di POTRAIT

0 komentar:

Posting Komentar